Prosedur awal mesin utama membutuhkan beberapa poin untuk dipertimbangkan. Meskipun perlu bahwa tidak satu pun dari titik-titik ini yang harus dilewatkan, ada beberapa hal yang sangat penting yang harus dilakukan tanpa gagal saat memulai mesin utama. Sepuluh poin penting tersebut adalah sebagai berikut:
1. Pelumasan Mesin Utama: Mulailah pra-pelumasan mesin dengan baik sebelum memulai. Untuk mesin utama itu harus dimulai sebelum 1 jam dan untuk mesin 4-tak bantu minimal 15 menit di depan.
2. Periksa Semua Parameter: Setelah memulai pompa pelumasan, periksa tingkat minyak pelumas dan semua parameter pompa yang lainnya seperti tekanan air pendingin, tempa minyak bakar dan tekanan, kontrol dan mulai tekanan udara dll untuk memastikan bahwa semua berada dalam kisaran yang diterima.
3. Buka Indikator Cocks and Blow Through: Semua indikator cocks dari mesin utama harus dibuka untuk blow through dari ruang bakar sebelum mulai menghindari kerusakan hidrolik karena kebocoran air.
4. Putar Crankshaft: Putar poros engkol mesin utama dengan cara memutar gigi sehingga semua bagian dilumasi dengan benar sebelum memulai.
5. Manual Check Turning Gear: Pastikan roda gigi yang berputar benar dilepaskan dengan memeriksanya secara lokal meskipun sinyal remote menunjukkan tanda "terlepas". Beberapa mesin tambahan disediakan dengan tommy bar (tools) untuk rotasi, pastikan itu terlepas dari roda gigi sebelum mesin dimulai.
6. Periksa Suhu Pendingin Jaket: Suhu air pendinginan jaket mesin harus dijaga minimal 60 derajat C untuk mesin utama dan 40 derajat C untuk mesin tambahan (dapat bervariasi tergantung pada peringkat KW mesin) .
7. Pemanasan Mesin: Generator kapal yang masuk harus dijalankan tanpa beban setidaknya selama 5 menit untuk memungkinkan pemanasan sistem.
8. Pasang Load Sharing Switch to Manual: Ketika generator 2 dimulai, akan mencoba memuat beban sesegera mungkin karena otomatisasi muatan otomatis diberikan untuk membagi beban yang sama (jika kapasitas pengenal sama). Saat memulai generator ke-2, ingatlah untuk meletakkan saklar pembagian beban ke manual. Ini akan menghindari generator "baru mulai" untuk dimuat, memberikan beberapa waktu untuk pemanasan.
9. Hindari Pembukaan Katup Exhaust yang berlebihan: Saat menghidupkan mesin utama dengan katup pembuangan oli hidrolik, buka pegas pertama dan mulailah oli hidrolik ke katup buang. Ini akan menghindari pembukaan katup yang berlebihan.
10. Periksa Engine: Insinyur yang bertanggung jawab dari kapal untuk hadir di dekat mesin saat dimulai dari posisi jauh. Mesin bantu untuk memulai dari posisi lokal (hindari menggunakan remote start jika memungkinkan).
Menghidupkan dan menghentikan mesin yang mulus tidak hanya tergantung pada prosedur yang sistematis namun juga pada prosedur perawatan overhaul perawatan mesin utama yang tepat dan berkelanjutan.
Tahukah Anda ada hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan saat memulai mesin utama? Beri tahu kami di komentar di bawah ini.
Knowledge from:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar